Zaman Praaksara

Zaman Praaksara

Dari pertama Bumi diciptakan oleh Tuhan sampai sekarang, telah mengalami banyak sekali perkembangan dan kemajuan disegala bidang.
Bahkan menurut para ilmu pengetahuan belum diketahui dengan pasti kapan bumi ini diciptakan oleh Tuhan yang maha esa.
Penemuan fosil dan artefak yang ada di Indonesia memberi tahukan bahwa manusia purba yang terdapat diwilayah Indonesia dan menjelaskan bagaimana caranya mereka bertahan hidup.
Masa praaksara di Indonesia dengan yang lainya berbeda-beda sesuai dengan pendukung mengenal aksaranya.
Dengan adanya penemuan tersebut, kita menjadi tahu nenek moyang bangsa kita.
Alat-alat yang ditemukan menunjukan sebuah jalur yang dapat menulusuri dari mana awal dan berakhirnnya.

Pengertian Zaman Praaksara dan Prasejarah

Pengertian Zaman Praaksara dan Prasejarah

Zaman praaksara atau zaman prasejarah adalah zaman dimana manusia purba belum mengenal tulisan.

Karena setiap suku yang ada mengalami masa pra sejarah yang memiliki masa periode yang berbeda-beda atau tidak bersamaan. Hilangnnya masa prasejarah juga memiliki waktu yang berbeda-beda.
Dan setelah manusia mulai  memahami atau mengenal tulisan, di zaman tersebut juga berubah menjadi zaman sejarah.
Zaman praaksara juga di sebut dengan zaman nirleka (nir = tidak, leka = tulisan aksara). Yang berarti zaman tulisan belum di temukan.

Pembagian Zaman Praaksara

Bumi merupakan tempat tinggal bagi manusia, hewan, dan tumbuhan ciptaan tuhan. Geologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang bumi secara menyeluruh.
Berdasarkan hal tersebut bumi dari dulu sampai sekarang dibagi menjadi empat zaman. Bumi memiliki empat zaman yaitu:

Zaman Arkeozoikum

Zaman tertua di dalam perkembangan bumi dan segala yang hidup di bumi, berumur sekitar 545 sampai 4.5000 juta tahun yang lalu.
Dizaman Arkeozoikum bumi belum stabil, kulit bumi masih dalam proses pembentukan, udara di bumi masih sangat panas sehingga pada zaman ini belum ada tanda-tanda kehidupan.
Dan berakhirnnya zaman Arkeozoikum di sebabkan dengan adannya penurunan suhu yang memungkinkan untuk munculnnya suatu kehidupan.

Zaman Paleozoikum

Zaman Paleozoikum
Zaman paleozoikum atau yang disebut juga dengan zaman primer, berlangsung sekitar 340 juta tahun yang lalu. Zaman paleozoikum terjadi dengan adannya penurunan suhu yang sangat drastis di bumi.
Bumi mendingin pada masa ini dan mahluk hidup di bumi di perkirakan muncul. Seperti mahluk bersel satu dan tidak bertulang belakang seperti bakteri dan sejenis amfibi.

Zaman Mesozoikum

Zaman mesozoikum
Zaman mesozoikum atau yang disebut juga dengan zaman sekunder, berlangsung sekitar 140 juta tahun yang lalu.
zaman Mesozoikum ditandai dengan madannya hewan-hewan reptil bertubuh besar seperti dinosaurus oleh karena itu zaman Mesozoikum di sebut dengan zaman reptil.

Zaman Neozoikum

Zaman Neozoikum
Zaman neozoikum terjadi sekitar 60 juta tahun yang lalu. Pada zaman neozoikum kehidupan mulai stabil berkembang dan beragam.
Zaman Neozoikum dibagi menjadi:
  • Zaman Tersier
    Zaman Tersier ditandai dengan hewan-hewan besar yang mulai berkurang. Dan telah memiliki berbagai jenis binatang yang menyusui seperti monyet dan kera
  • Zaman Sekunder
    Zaman Sekunder ditandai dengan munculnya tanda-tanda kehidupan manusia purba.
Zaman Neezoikum di bagi kembali menjadi 2 zaman kembali yaitu:
1. Zaman pleistosen/ dilivium (zamanglasial/es)
Masa ini ditandai dengan mencairnya es di kutub utara karena perubahan iklim. Zaman pleistosen berlangsung sekitar 600 ribu tahun yang lalu. kehidupan manusia mulai ada pada masa ini.
2. Zaman Holosen/alluvium
Masa ini di tandai dengan munculnnya homo sapiens. Homo sapiens merupakan nenek moyang manusia modern pada saat ini. Masa ini terjadi sekitar 20.000 tahun yang lalu.



 

Komentar

Postingan Populer